0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

46 Desa Wisata di Yogyakarta

46 Desa Wisata di Yogyakarta 

46-Desa-Wisata-di-Yogyakarta


Desa Wisata di Wilayah Kota Yogyakarta, antara lain: 
  1. Desa Wisata PrengganLokasi : di Jl. Nyi Pembayun, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta. Desa wisata ini adalah salah satu cagar budaya yang dilindungi sebagai peninggalan kerajaan Mataram. Ada beberapa tempat bersejarah di desa ini, antara lain: Ndalem Sopingen, Ndalem Proyodranan, Pendopo Kajengan, Masjid Perak, Perpustakaan Heritage dan Lorong-lorong Jalan Rukonan Prenggan.
  2. Desa Wisata Purbayan
    Lokasi : di Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. Desa wisata ini juga merupakan cagar budaya karena memiliki beberapa situs sejarah, diantaranya: monumen pacak suji, kompleks masjid dan makam raja mataram, benteng bokong semar, bangunan-bangunan tradisional dan juga terdapat kesenian srandul serta kerajinan perak. 

  3. Desa Wisata Cokrodiningratan
    Lokasi yang menjadi andalan di kawasan Cokrodiningratan ini berupa kawasan pinggiran Kali Code serta komunitas masyarakat yang mengolah sampah menjadi barang-barang yang kembali bernilai jual.
  4. Kampung Wisata Tahunan
    Kampung tahunan yang terletak di kelurahan Tahunan Umbulharjo telah ditetapkan sebagai Kampung wisata. Dengan keragaman seni dan budaya yang ditonjolkan kampung tahunan mencoba untuk maksimalkan potensi tersebut untuk menarik kunjungan wisata, salah satunya adalah batik jumput. Selain potensi seni tersebut kampung wisata tahunan juga mempunyai dua destinasi yang bisa menjadi potensi wisata yakni dengan adanya 2 makam nasional yakni makam Wijayabrata dan taman makam Pahlawan Kusumanegara.
  5. Desa Wisata Sosromenduran
    Sosromenduran adalah sebuah kelurahan yang terletak di kecamatan Gedongtengen, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Sosromenduran merupakan wilayah yang terletak di sekitar pusat kota Yogyakarta.
  6. Kampung Wisata Dipowinatan
    Lokasi : di Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta. Yang menjadi potensi dari Kampung Wisata Dipowinatan adalah kehidupan sosial masyarakat lokal. Tidak seperti kampung wisata lainnya, kampung wisata dipowinatan menjadi idola para turis mancanegara.

Desa Wisata di Kabupaten Sleman, Yogyakarta antara lain:
  1. Desa Wisata Tanjung
    Lokasi : di Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Potensi utama desa wisata Tanjung adalah pemandangan alamnya dan pertaniannya seperti padi, palawija, tembakau dll.
  2. Desa Wisata Pentingsari
    Lokasi : di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata ini terletak dikawasan lereng Gunung Merapi yang berupa alam pedesaan dengan kontur bukit dan dataran rendah, serta diapit 2 buah sungai: Sungai Kuning dan Sungai Pawon. Daya tarik Desa Wisata Pentingsari adalah kondisi lingkungan alamnya yang kaya akan keanekaragaman jenis floranya, selain itu didukung dengan berbagai kegiatan bidang pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan.
  3. Desa Wisata Kinahrejo
    Lokasi : di Kinahrejo, Cangkringan, Sleman. Desa wisata ini merupakan desa yang berada paling dekat dengan gunung Merapi. Daya tarik wisatanya antara lain: upacara labuhan setiap bulan rejeb, jathilan, kethoprak, treeking, area perkemahan, area outbound, dll.
  4. Desa Wisata Sidoakur
    Lokasi : di desa Sidokarto, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Potensi wisata, budaya serta lingkungan dipadukan dengan sitem organisasi desa yang sistematis di terapkan didesa ini sehingga menyuguhkan desa wisata yang dapat melibatkan seluruh segmen usia warga.
  5. Desa Wisata Bokesan
    Lokasi : di dusun Bokesan, desa Sindumartani, kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Potensi desa ini adalah lahan persawahan yang luas dan subur dengan memanfaatkan air yang berlimpah dari Kali Opak. dan juga sebagai perikanan.
  6. Desa Wisata Gabugan
    Lokasi : di Gabugan, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. 
  7. Desa Wisata Trumpon
    Lokasi : di Dusun Trumpon, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Sleman, Yogyakarta. Di desa wisata ini terkenal dengan perkebunan salak pondoh. Selain itu juga tersedia homestay dengan harga yang terjangkau dan mampu menampung banyak pengunjung.
  8. Desa Wisata Kelor
    Lokasi : di Kelor, Bangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Mata pencaharian di desa wisata Kelor adalah sebagai petani, peternak dan pembudidaya jamur. Di desa kelor juga terdapat arena perkemahan dan arena outbound.
  9. Desa Wisata Dukuh
    Lokasi : di Dukuh, Donokerto, Turi ,Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  10. Desa Wisata Kembangarum
    Lokasi :
    Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa ini menawarkan potensi alam, permainan dan edukasi, khususnya bagi anak-anak. Wujud programnya antara lain perpustakaan dan sanggar lukis yang dibangun di dekat sungai sehingga menambah suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. 
  11. Desa Wisata Ketingan
    Lokasi : di Kelurahan Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta. Potensi desa ini adalah sebagai tempat populasi Blekok atau Kuntul Putih, karena suasana alamnya terjaga dengan baik dan relatif tenang, sehingga burung Kuntul/Blekok tersebut nyaman dan membuat sarang-sarangnya di desa ini.
  12. Desa Wisata Sendari
    Lokasi : di Sendari, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata ini terkenal dengan sentra kerajinan bambu. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai pengrajin mebel bambu.
  13. Desa Wisata Brajan
    Lokasi : di Brajan, Sendangagung, Minggir, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata ini dikenal sebagai sentra kerajinan bambu. Terdapat fasilitas penginapan yang mampu menampung 10-15 orang.
  14. Desa Wisata Gamplong
    Lokasi : di
    Jl. Raya Wates KM 14, Pedukuhan Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Gamplong adalah desa wisata berbasis kerjainan tenun. Desa ini memiliki ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) yang terbuat dari kayu jati buatan Pekalongan, dan sudah digunakan secara turun temurun.
  15. Desa Wisata Sangubayu
  16. Desa Wisata Malangan
    Lokasi : di Malangan, Sumberagung, Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Mata pencaharian masyarakat Desa Malangan adalah bertani dan berternak. Namun diantara kesibukan sehari-hari sebagai petani dan peternak, warga mengerjakan kerajinan bambu. Atas inisiatif warga setempat, pada akhirnya desa malangan dikelola lebih serius menjadi desa wisata yang mengunggulkan kerajinan bambunya.
  17. Desa Wisata Sukunan
  18. Desa Wisata Brayut
    Lokasi : di Brayut, Pendowoharjo, Sleman, Yogyakarta
  19. Desa Wisata Candi Abang
    Lokasi : di Sentana Reja, Desa Jogotirto Berbah. Di desa wisata ini terdapat situs Candi Abang dari peninggalan agama Hindu. Disebut candi Abang karena candi ini terbuat bukan dari terbuat dari bambu, melainkan dari susunan batu merah.
  20. Desa Wisata Ledok Sambi
    Lokasi : di jalan Kaliurang Km. 19,2 Dukuh sambi, desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Potensi desa wisata Ledok Sambi antara lain: panorama desa; pertanian dimana wisatawan dapat mempraktekkan secara langsung bagaimana cara bercocok tanam padi, membajak bahkan mempelajari  budidaya jamur; peternakan yakni dengan mempraktekkan memerah susu sapi secara tradisional dan juga memepelajari cara membudidayakan sapi perah, selain itu wisatawan juga dapat menangkap ikan tanpa alat bantuan berupa jaring ataupun alat lain di sawah. Selain itu juga ada kegiatan outbond berupa Flying fox 200 m melintasi kali kuning yang menjadi jalur lahar dingin merapi. Disini disiapkan beberapa games /permainan  yang menyenangkan dan menciptakan proses belajar aktif berupa leadership, communications dan team work.
  21. Desa Wisata Plempoh
    Lokasi : di Plempoh, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Di desa plempoh terkenal dengan perbukitan kapur serta peninggalan cagar budayanya, seperti Candi Boko, Candi, Ijo, Candi Banyunibo, dan Candi Barong.
  22. Desa Wisata Grogol
    Lokasi : di Grogol, Margodadi, Sayegan, Sleman, Yogyakarta.
  23. Desa Wisata Mlangi, Gamping
  24. Desa Wisata Turgo, Pakem
  25. Desa Wisata Tunggularum, Turi
  26. Desa Wisata Petung, Cangkringan
  27. Desa Wisata Pajangan, Sleman
  28. Desa Wisata Srowolan, Pakem
  29. Desa Wisata Kadisobo II, Sleman
  30. Desa Wisata Garongan, Turi
  31. Desa Wisata Nganggring, Turi
  32. Desa Wisata Projayan, Turi
  33. Desa Wisata Jamur, Minggir

Desa Wisata di Kabupaten Wonosari Gunung Kidul antara lain: 
  1. Desa Wisata Bejiharjo
  2. Desa Wisata Bleberan
    Lokasi : di Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Ada beberapa potensi obyek wisata yang sayang untuk dilewatkan, diantaranya adalah Sungi Oya, Goa Rancang Kencono dan kekayaan alam berupa pertanian dan perikanan
  3. Desa Wisata Bobung
    Lokasi : di
    Bobung, Desa Putat, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Desa Wisata Bobung merupakan sentra kerajinan topeng, batik dan ornamen-ornamen yang terbuat dari kayu. Fasilitas di Desa Wisata Bobung ini juga lengkap, ada penginapan, ruang pertemuan, tempat parkir yang luas, kamar mandi umum, dan fasilitas outbound. Pengunjung juga dapat menyaksikan langsung proses pembuatan topeng - topeng kayu di bengkel kerja para pengerajin.
  4. Desa Wisata Jelok
  5. Desa Wisata Garotan
    Lokasi : di dusun Garotan, Bendung, Semin, Gunung Kidul, Yogyakarta. Potensi desa Garotan adalah industri kerajinan lampu antik dari cor logam. Selain itu ada beberapa atraksi menarik seperti jathilan, tayub, wayang kulit, karawitan dan campursari.
  6. Desa Wisata Nglanggeran
    Lokasi : di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul atau tepatnya 25km dari kota Yogyakarta. Pesona alam di desa wisata ini sungguh luar biasa, ada Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung dan Kebun Buah Nglanggeran.
  7. Desa Wisata Mojo
    Lokasi : di Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Potensi desa Mojo terletak pada alamnya yang berupa beberapa goa dan kerajinan ukir batu putih. Goa yang terdapat di desa wisata Mojo antara lain: goa jlamprong, goa gesing, goa sinden dan menjelajahi hutan Mojo.
  8. Desa Wisata Kemadang
  9. Desa Wisata Umbulrejo
  10. Desa Wisata Wonosadi
    Lokasi : di Beji, Ngawen, Gunung Kidul. Potensinya adalah hutan Wonosadi yang terawat dan masih lestari sebagai kawasan hutan lindung di Wonosari. Selain itu terdapat kesenian yang mulai langka namun tetap dipelihara yakni Rinding Gumbeng, berupa alat bambu tiup.
  11. Desa Wisata Ngestiharjo
  12. Desa Wisata Kemuning
  13. Desa Wisata Mulo
  14. Desa Wisata Turunan
  15. Desa Wisata Sidoharjo

Desa Wisata di Kabupaten Wates, Kulon Progo antara lain: 
  1. Desa Wisata Banjasari
  2. Desa Wisata Banjaroya
  3. Desa Wisata Banjarharjo
  4. Desa Wisata Banguncipto
  5. Desa Wisata Glagah
  6. Desa Wisata Nglinggo
  7. Desa Wisata Pendoworejo
  8. Desa Wisata Kalibiru
  9. Desa Wisata Jatimulyo
  10. Desa Wisata Sermo
  11. Desa Wisata Purwoharjo
  12. Desa Wisata Sidoharjo
  13. Desa Wisata Sidorejo
  14. Desa Wisata Talunombo
  15. Desa Wisata Gulurejo
  16. Desa Wisata Jangkaran
  17. Desa Wisata Tuksono
  18. Desa Wisata Salamrejo
  19. Desa Wisata Gerbosari
  20. Desa Wisata Sendangsari
  21. Desa Wisata Imorenggo
  22. Desa Wisata Hargomulyo

Desa Wisata di Kabupaten Bantul, Yogyakarta antara lain:
  1. Desa Wisata Kebonagung
    Lokasi : di Kebonagung, Imogiri, Bantul. Desa wisata ini memiliki potensi daya tarik wisata di bidang pertanian dengan lahannya yang luas sehingga menciptakan suasana sejuk dan asri.
  2. Desa Wisata Kasongan
    Lokasi : di Jl. Bantul Km 5, Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Kasongan merupakan desa wisata tujuan wisata yang terkenal dengan gerabahnya.
  3. Desa Wisata Wukirsari
    Lokasi: di Jl. Imogiri Km 14, Yogyakarta. Desa wisata ini memiliki potensi dalam hal kerajinan batik.
  4. Desa Wisata Manding
  5. Desa Wisata Krebet
    Lokasi : di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di Desa Wisata Krebet, para pengrajin mengembangkan batik dengan menggunakan media kayu dan menghasilkan beberapa bentuk yang mengagumkan, seperti: topeng kayu, tempat perhiasan, sandal, wayang orang kayu, wayang klitikan, miniatur binatang (gajah, ayam, kucing dll), dan pernak-pernik lainnya.
  6. Desa Wisata Tembi
    Lokasi : di
    Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa Wisata Tembi ini menawarkan keindahan alam, kesenian, dan kebudayaan. Anda bisa menjumpai museum, penginapan yang unik dengan konsep rumah jawa asli berbentuk limasan gebyok dikombinasi dengan konsep kebutuhan masa kini, area untuk melakukan kegiatan outbound dan fun games, pameran seni, pagelaran musik, dll.
    e
  7. Desa Wisata Panjangrejo, Pundong
  8. Desa Wisata Lopati, Srandakan

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847

0 comments:

Posting Komentar


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com