0819 1555 0847
0812 2794 4404

Buka Praktek
06.30 - 22.00

(Spesialis Sewa Mobil Jogja)

Sekilas tentang Desa Wisata Kembangarum

Mencari tempat asyik dan menentramkan hati memang gampang-gampang susah. Gampang jika anda menginginkan lokasi tersebut di Yogyakarta. Banyak sekali tempat nyaman nan hijau yang berbalut kesederhanaan dan kesahajaan masyaratakatnya di Yogyakarta ini, salah satunya bisa ditemukan di Kabupaten Sleman. Di Kabupaten Sleman ini ada banyak desa wisata yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan. Salah satu desa wisatanya adalah Desa Wisata Kembangarum.

Desa Wisata Kembangarum ini menawarkan alam, permainan dan edukasi. Edukasi yang dimaksud adalah program-program yang dirancang untuk pendidikan, khususnya bagi anak-anak. 

Wujud programnya antara lain perpustakaan dan sanggar lukis yang dibangun di dekat sungai sehingga menambah suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Selain program-program pendidikan, ada juga program permainan tradisional yang sangat menyenangkan. Mungkin Anda pernah mendengar dolanan seperti engklek, dakon, egrang, gobak sodor yang sering Anda mainkan sewaktu masih kecil. Namun seiring perkembangan teknologi, permainan-permainan tersebut hampir hilang diganti dengan mainan game di play station, tablet, time zone dll. 

Dolanan/permainan tradisional tersebut bukan hanya untuk membuat anak senang tetapi memiliki banyak tujuan bagus dibandingkan anak bermain di depan komputer, televisi, gadget atau perangkat teknologi lainnya. manfaat dari permainan tradisional buat anak-anak antara lain: memahami sportivitas, melatih kemampuan fisik anak, belajar mengelola emosi, menggali kreativitas, mengenal kerjasama, meningkatkan kepercayaan diri, bersosialisasi lewat permainan dan masih banyak manfaat lainnya.

Selain program-program pendidikan dan permainan di atas, Desa Wisata Kembangarum juga membuat beberapa paket wisata yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan dan juga menambah kesejahteraan masyarakatnya. 
Paket-paket wisata Desa Wisata Kembangarum antara lain:

  • Paket creative camp, yaitu belajar memainkan gamelan tradisional, melukis dengan media kertas dan kanvas, belajar membatik, membuat layang-layang, bermain angklung, dan membuat kerajinan janur.
  • Paket wisata outbound dan olahraga tradisional, yaitu balap dinglik, balap egrang, balap bakiak, bambu salak glundong, tarik tambang lumpur, bambu keseimbangan, bambu pancuran, tampah bola, gebuk bantal di atas air, mencari ikan, sepak bola lumpur, bola basket lumpur, kenthos keseimbangan, bola volly geber, dan flying fox.
  • Paket wisata petulangan, yaitu tracking menyusuri desa wisata dan perkebunan salak, tracking menyusuri sungai, serta motor trail, dan off road ke lerang Gunung Merapi.
  • Paket wisata pertunjukan dan hiburan, yaitu wayang kulit pentilan, wayang kulit semalam suntuk, jathilan dan tarian rampak buto, karawitan atau cokekan, jathilan kelinthing (jathilan anak-anak), organ tunggal, campur sari, musik akustik, dan musik band (jazz, blues, reggae).
  • Paket wisata pertanian, yaitu membajak sawah dengan kerbau, nutu (menumbuk) padi, dan menanam padi.
  • Paket wisata perkebunan, yaitu menanam salak, singkong, dan jagung.
  • Paket wisata peternakan, yaitu memberi makan kambing.
  • Paket wisata permukiman tradisional, yaitu Griya Sekar Arum, Joglo Sempor Sungai, Penginapan Gubug Pereng, Gubug Pereng bawah, Griya Arum Sari, dan Rumah Joglo.
  • Wisata pengambil foto untuk prewedding dan film.
  • Paketiwisata aneka kuliner tradisional, jajanan pasar, dan minuman tradisional.
  • Paket pijat di pinggir sungai.
Akses menuju Desa Wisata Kembangarum:
Desa Wisata Kembangarum terletak di Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju desa wisata Kembangarum, Anda bisa menggunakan angkutan umum yang tersedia di terminal jombor, dengan jurusan jombor tempel,dan dilanjutkan dengan jalur D4. Jika membutuhkan privasi dan kenyamanan bersama keluarga atau teman terdekat, Anda bisa menggunakan jasa sewa/rental mobil dan motor dari Jogja Empat Roda.

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com