0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

Aneka Jajanan Pasar Tradisional di Jogja dan Sekitarnya

Ide kreatif masyarakat Indonesia dalam mengolah bahan pangan memang patut diacungi jempol. Hal ini bisa dilihat jelas dengan beribu-ribu resep olahan bahan pangan yang ada di Indonesia. Di daerah, panganan-panganan yang dibuat berdasarkan selera lidah masyarakat daerah tersebut.  

Ada beberapa makanan tradisional yang masuk dalam deretan aneka makanan jajanan pasar yang mulai jarang ditemui, ada kipo, cenil, lupis, sawut, grontol dll. Jogja adalah gudangnya makanan unik nan lezat. 


Apabila Anda sedang liburan ke Jogja, sempatkanlah untuk berwisata kuliner dengan berburu jajanan-jananan pasar tersebut. Saya rasa jiwa petualangan Anda pun agak terganggu dengan makanan-makanan yang mungkin jarang anda dengar berikut ini:  

LEMPER
lemper jajanan pasar

Lemper adalah salah satu makanan yang terbuat dari beras ketan dan di dalamnya di isi dengan abon sapi, atau daging baik daging ayam maupun ikan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasanya gurih, karena ketannya dimasak dengan mencampurkan santan kelapa.







AREM AREM
arem arem jajanan pasar
Arem-arem merupakan makanan tradisonal yang berbahan dasar nasi lalu diisi sayuran atau sambal goreng kemudian dibungkus dengan daun pisang. Arem-arem ukurannya lebih besar daripada lemper.








KIPO
kipo jajanan pasar
Kipo adalah makanan ringan khas Kotagede Yogyakarta. Konon makanan ini menjadi idola bagi bangsawan kraton Mataram. Kipo dibuat dari bahan ketan, santan, gula dan garam. Sedangkan warna hijau berasal dari daun suji dan daun pandan. Bila ingin berburu kipo, kunjungilah warung bu Djito di jalan Mondorakan Kotagede.







WAJIK
wajik jajanan pasar
Wajik adalah salah satu makanan yang terbuat dengan bahan dasar beras ketan, dicampur dengan santan dan juga gula merah yang memiliki cita rasa manis dan gurih khas indonesia tentunya.









KLEPON
klepon jajanan pasar
Klepon adalah makanan  yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa. Biasanya klepon berwarna hijau, jadi perlu ditambahkan pewarna dari daun suji atau daun pandan.







CENIL
cenil jajanan pasar
Makanan ini kenyal dan manis, bentuknya warna-warni. Dengan tambahan parutan kelapa ini, membuat cenil lebih enak disantap.










GETHUK LINDRI
gethuk lindri jajanan pasar
Makanan berbahan dasar singkong ini sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat indonesia terutama yang tinggal di jawa tengah dan jawa timur. Selain gethuk lindri di setiap daerah di jawa memiliki jenis getuk sendiri. Getuk lindri merupakan kue khas nusantara dari kota Magelang dan Jogja yang sering dijadikan oleh ole






SEMAR MENDEM
semar mendem jajanan pasar
Makanan ini bahan utamanya adalah beras ketan yang sebaiknya kita meumilih beras ketan yang baik sehingga nanti hasilnya meumuaskan,makanan ini hampir sama dengan lemper hanya bedanya digulung dengan dadar telur yang teklah kita ukur ukurannya







PUTU AYU/PUTRI AYU
putu ayu jajanan pasar
Kue basah tradisional yang enak dan lembut ini merupakan salah satu dari aneka jajanan pasar yang hingga saat ini masih populer. Kue putu ayu atau sering disebut juga kue putri ayu ini memilki tampilan warna yang cantik, yaitu hijau dan putih dari kelapa yang diparut.







GANDOS / RANGIN / PANCONG
gandos jajanan pasar
adalah sejenis jajanan yang terbuat dari campuran kelapa muda serut atau parut, tepung beras, sedikit sagu dan air yang dipanggang dalam loyang cetakan.  Dominasi unsur kelapa serut  inilah yang membuat loyang cetakan tak perlu diolesi minyak atau margarin. Setelah adonan dipanggang beberapa saat, aroma wangi kelapa mulai menyeruak menggoda selera. Benar saja setelah matang rangin menjadi sebuah  sajian yang gurih dan nikmat. Apalagi jika langsung menikmatinya fresh from the loyang cetakan.




KUE LUMPUR
kue lumpur
Kue ini bertekstur lembutnya dengan aroma pandan dan vanili yang menjadi kelebihan utama kudapan ini sehingga banyak digemari. Konon, nama kue ini berasal dari teksturnya yang sangat lembut dan halus seperti lumpur.








ONDE ONDE
onde onde
Onde onde berbentuk bulat dengan balutan wijen mirip kue wijen tapi kue onde onde ini ukurannya lebih besar dan rasanya empuk dan manis. Salah satu yang khas dari kue enak ini pada bagian dalam kue  diisi dengan kacang hijau membuat kue onde onde terasa nikmat. Di malaysia onde onde sering disebut kue buih dengan isi kelapa atau kacang.






GATOT
gatot jajanan pasar
Gatot adalah makanan khas Gunungkidul. Makanan ini berbentuk dadu, agak lengket, warnanya coklat agak kehitam-hitaman. Rasa dari gatot cukup unik, biasanya gatot ini disantap dengan taburan kelapa parut, ataupun gula pasir, yang melengkapi citarasa gatot menjadi lebih sensasional.






JADAH MANTEN
jadah manten
Jadah manten merupakan makanan tradisional yang berasal dari Jogja. Jadah manten dibuat dari bahan beras ketan dengan bahan isian berupa daging ayam atau sapi. Cara menghidangkannya dengan dibakar atau dipanggang diatas bara api arang, karena aroma yang keluar dari bakaran tersebut akan lebih menggugah selera makan dibandingkan dengan jika dipanggang diatas oven. Kue yang satu ini juga lebih nikmat disajikan saat hangat. Rasa gurih dan nikmat dari bahan isian membuat sajian makanan yang satu ini menjadi sangat digemari oleh semua kalangan.



LUPIS
lupis jajanan pasar
Lupis merupakan sebuah jajanan pasar tradisional yang terasa legit dan manis. Kue lupis ini terbuat dari bahan beras ketan yang dikukus menggunakan daun pisang. Kue ini sungguh tergolong enak untuk dinikmati karena dalam penyajiannya dilumuri saus gula merah bersama parutan kelapa. Anda bisa menemukan makanan ini di pasar-pasar tradisional, khususnya di Jawa.






GRONTOL
grontol jajanan pasar
Grontol adalah salah satu makanan tradisional di pulau jawa umumnya, yang berbahan dasar jagung dengan ditaburi parutan kelapa. Rasanya gurih, asin dan manis, pokoknya nikmat. Ada 2 cara dalam menikmati grontol, yang pertama dengan menambahkan sedikit gula pasir ke dalam grontol tersebut agar grontol menjadi manis. Yang kedua adalah dengan gula jawa/ gula aren yang dicairkan atau lebih sering disebut dengan juroh.





SAWUT
sawut jajanan pasar
Sawut adalah salah satu jajanan tradisional yang dibuat dari singkong yang diparut kasar, kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah. Kemudian dikukus. Walaupun cara membuatnya tidak selalu sama, tapi pada dasarnya penyajian akhirnya adalah campuran dari ketiga bahan tersebut.







CLOROT
clorot jajanan pasar
Clorot adalah jajanan khas dari Jawa yang terbuat dari gula merah, santan, tepung beras, tepung sagu serta bahan lainnya. Adonan dimasukkan wadah yang terbuat dari janur kuning yang diulin membentuk kerucut mirip mainan terompet daun kelapa kemudian dikukus. cara makannya cukup sederhana dan nggak ribet yaitu dengan mendorong bagian bawah wadah yang terbuat dari janur tersebut.





CARANG GESING
carang gesing
Carang Gesing adalah makanan tradisional dengan bahan dasar pisang yang dikukus dalam daun pisang. Rasanya manis. Makan 1 bungkus carang gesing bikin Anda ketagihan, minimal sampai bungkus ketiga. Coba sendiri!!








NOGOSARI
nogosari jajanan pasar
Nogosari adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus. Selain bahan yang tersebut di atas, nagasari juga sering dikukus dengan balutan daun pandan sehingga menimbulkan aroma yang khas.







KICAK
kicak jajanan pasar
Kicak terbuat dari beras ketan atau jadah yang dicampur gula pasir. Taburan kelapa parut yang sedikit asin membuat rasanya semakin gurih. Yang tak kalah istimewa adalah aromanya yang harum perpaduan dari aroma pandan dan daging buah nangka yang khas. Meski sederhana wujud Kicak justru sangat cantik. Warna putih ketan dan kelapa parut ditambah potongan kecil daun pandan yang hijau serta buah nangka yang kuning membuat Kicak semakin menggugah selera.




SRABI SOLO
srabi solo
Sebuah makanan ringan ala Solo, Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang mirip pannekoek atau pannenkoek. Srabi adalah jajanan khas dari Solo yang terbuat dari santan kelapa dicampur dengan sedikit tepung, yang menjadikannya bercitarasa gurih. Biasa juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan meses dan keju bila suka. Srabi yang terkenal berasal dari daerah Notokusuman, yang sering disingkat menjadi Notosuman (Srabi Notosuman)



KRASIKAN
KRASIKAN adalah jajanan khas yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus lalu disangrai dan dicampur dengan tepung ketan dan gula jawa. Jajanan berwarna coklat muda dan bertotol-totol ini teksturnya kasar, dikunyahpun agak sedikit kasar (ini yang membuat Krasikan terasa unik dan banyak dicari). Rasa krasikan ini manis, legit dan memiliki aroma khas tersendiri dari gula jawa yang dipakai, sehingga anggapan rasa kasar yang mengusik lidah itu hilang dan membawa kelezatan.




Demikian tadi beberapa jajanan pasar tradisional yang ada di Jogja dan sekitarnya. Ini bisa Anda jadikan referensi untuk berwisata kuliner di Jogja.
Selamat berburu.

Kunjungi: 
Sewa/Rental Mobil Lepas Kunci/Tanpa Sopir Murah di Jogja
Sewa/Rental Mobil Dengan Sopir di Jogja
Sewa/Rental Motor di Jogja

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847

3 comments:

  1. Sudah mulai langka nih jajanan beginian ye gan. Nice info banget nih ^^

    BalasHapus


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com