0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

Berburu Souvenir Kerajinan Batik Kayu di Desa Wisata Krebet

Kita mengenal batik yang biasanya dilukis di atas kain. Namun di Desa Wisata Krebet, para pengrajin mengembangkan batik ini dengan menggunakan media kayu. Desa Wisata Krebet sendiri terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Perisnya berada 20 km sebelah barat daya Kota Yogyakarta yang berdekatan dengan kawasan wisata Goa Selarong. 


Batik pada media kayu tersebut seperti topeng kayu, tempat perhiasan, sandal, wayang orang kayu, wayang klitikan, miniatur binatang (gajah, ayam, kucing dll), dan pernak-pernik lainnya. Harganya relatif murah, berkisar antara Rp. 2000 - Rp. 50.000. Biasanya pernak-pernik ini sering dijadikan souvenir pernikahan yang menarik, seperti gantungan kunci, pembatas buku dan kaca. Media kayu yang digunakan untuk membatik adalah kayu lunak seperti kayu mahoni, sengon dan pule. 

batik kayu krebet
Kerajinan batik kayu ini sudah menjadi tulang punggung ekonomi bagi warga Krebet. Pasarnya tidak hanya di Jogja saja, namun sudah dipasarkan di Bali, Jakarta, Surabaya bahkan sampai menembus pasar Asia, Eropa dan Timur Tengah. Pantas saja Krebet ini dijadikan Desa Wisata oleh Pemerintah Yogyakarta, karena selain keunikan warga yang membatik di atas media kayu, juga terdapat salah satu tradisi yang bernama Merti Dusun. Merti Dusun ini adalah mengarak gunungan dan berbagai ubo rampe untuk keliling dusun.


Bagi yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Krebet ini, sudah banyak akses menuju kesana, salah satunya dengan sewa mobil di Jogja Empat Roda. Selain itu, di Krebet sendiri sudah disediakan fasilitas home stay bagi yang ingin menginap dan merasakan atmosfer pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk kota. Anda juga bisa belajar membatik wayang di atas media kayu. Tentu saja pengalaman belajar membatik ini menjadi sensasi yang tak terlupakan. Apalagi motif yang dipelajari adalah motif-motif batik klasik kraton, seperti Parangrusak, Parangbarong, Kawung, Garuda, Sidomukti, Sidorahayu, dan masih banyak motif klasik lainnya.


Selain belajar membatik wayang dari kayu, wisatawan juga bisa berlatih memanjat pohon kelapa dan mengambil nira yang biasa digunakan sebagai bahan baku gula merah. Wiatawan juga bisa mendapatkan paket tur keliling hutan jati dengan menggunakan jeep. Saat lelah, wisatawan bisa menikmati hidangan khas dusun tersebut, berupa sayur lodeh, gudeg manggar, tempe garit, peyek serta wedang legen.



Peta Lokasi Desa Wisata Krebet


Selamat berwisata!!

Apabila Anda membutuhkan sebuah rental mobil atau rental motor atau paket wisata, Anda bisa menghubungi :

JOGJA EMPAT RODA
Jl. Palagan Tentara Pelajar Dus Waras No. 93c, Sleman, Yogyakarta
Telp. 0274 3042 220 / 0819 1555 0847 (WhatsApp) / 0812 2794 4404
PIN BB : 753697E3 / 28c3c58e
Email: jogja4roda@gmail.com / Twitter: @jogja4roda
Website : rentalmobiljogja.id / paketwisata.id / jogjaempatroda.com

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847

1 comments:


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com