0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

Berwisata Alam di Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan gunung api purba yang pernah aktif puluhan juta tahun lalu yang terletak di Baturagung, tepatnya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi 25 KM dari Kota Yogyakarta dan hanya memakan jarak tempuh 40 - 50 menit saja. Berada pada ketinggian antara 200 -700 mdpl. 


Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki karakteristik unik yang memanjakan para wisatawan, khususnya wisatawan penggiat alam bebas yang menyajikan jalur untuk panjat tebing, jelajah wisata dan berkemah. Jalur pendakiannya tergolong ringan, cocok untuk wisata hiking dengan jarak tempuh kurang lebih 1 - 1,5 jam untuk mencapai puncaknya. Tempat wisata ini walaupun lebih cocok untuk para penggiat alam bebas, namun banyak para wisatawan yang membawa seluruh keluarganya, bahkan anak-anak mereka yang masih balita diajak untuk mendaki gunung ini untuk mengenalkan alam sedari dini. 

gunung api purba nglanggeranGunung Api Purba Nglangeran merupakan peninggalan dari gunung purba, sebagai buktinya dapat kita lihat dari susunan batuannya yang merupakan material vulkanik tua. Jangan kaget ketika anda berencana mendaki Gunung Nglanggeran disaat libur, karena akan mendapati banyak tenda-tenda yang didirikan oleh wisatawan. Gunung Nglanggeran paling banyak dikunjungi waktu libur hari-hari besar seperti tahun baru. Dari puncaknya kita akan menemukan banyak objek yang menarik untuk diabadikan dalam foto, baik siang ataupun dimalam hari. Semenjak ditetapkan sebagai kawasan geopark, jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara semakin meningkat, apalagi setelah musim ujian nasional selesai. Yang paling diminati adalah kegiatan trekking, outbound, camping, dan juga melihat matahari terbenam atau sunset serta matahari terbit atau sunrise.

Gunung Nglanggeran terdiri dari deretan gunung batu raksasa serta bentuk dan nama yang unik dengan beragam cerita rakyat sebagai pengiringnya. Gunung-gunung tersebut biasanya dinamakan sesuai dengan bentuknya. Gunung Nglanggeran terdiri dari banyak macam gunung didalamnya, diantaranya adalah:

  1. Gunung Kelir, dipercaya ditempat tersebut merupakan tempat tinggal dari Ongko Wijoyo dan Punakawan.  
  2. Sumber Air Comberan, sebuah mata air yang tidak pernah mengalami kekeringan di Puncak Gunung Nglanggeran.  
  3. Gunung Gedhe adalah gunung terbesar diantara gunung-gunung lain, yang merupakan puncak tertinggi dari Gunung Nglanggeran.  
  4. Gunung Bongos  
  5. Gunung Blencong  
  6. Gunung Buchu, bentuknya yang tinggi dan runcing cocok digunakan untuk panjat tebing, hingga sampai saat ini baru 3 tim pemanjat yang sukses menancapkan bendera di puncak Gunung Buchu.  
  7. Tlogo Wungu, telaga yang tak kasat mata ini diyakini terletak disebelah ujung timur Gunung Nglanggeran.  
  8. Tlogo Mardhido  
  9. Talang Kencono  
  10. Pemean Gadhung, sumber http://gunungapipurba.com/

Keunikan lainnya yang ada di Gunung Nglanggeran adalah adanya sebuah Dusun yang hanya boleh dihuni oleh 7 Kepala Keluarga saja, yaitu Dusun Tlogo Mardhido. Keunikan tersebut berkaitan dengan sebuah kepercayaan bahwa jika di dusun tersebut dihuni oleh lebih dan tau kurang dari 7 Kepala Keluarga, maka akan terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Percaya atau tidak, itulah kepercayaan yang dianut masyarakat setempat.  
Dekat Gunung Nglanggeranini, Anda bisa menemukan obyek wisata menarik lainnya seperti Candi Prambanan, Candi Ijo, Candi Boko, Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, Goa Jomblang, dll. Apabila berkenan untuk menjelajahi tempat-tempat tersebut, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil dari JOGJA EMPAT RODA.

Peta Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran



Semoga sedikit ulasan mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran ini menambah informasi untuk tujuan wisata yang Anda inginkan.

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com