0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

Menengok Cahaya Surga di Goa Jomblang & Grubug

Goa Jomblang & Goa Grubug mungkin tidak populer, tapi pesonanya sungguh luar biasa. Goa Jomblang merupakan salah satu goa terindah di Indonesia. Goa Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunugkidul, Jogja atau sekitar 17 km dari Wonosari. 


Goa Jomblang – Grubug merupakan perpaduan antara tipe goa vertikal dan horizontal. Letak goa Jomblang dan goa Grubug berada di tengah areal persawahan dengan jalan yang cukup menantang dengan batu-batuan di sepanjang jalan. Pada bagian bawah goa mengalir sungai bawah tanah yang merupakan terusan dari sungai yang dijadikan goa jomblang objek wisata karst kalisuci. 

Goa Jomblang dan Grubug biasa disebut Luweng karena bentuknya yang seperti tungku. Jarak antara kedua mulut goa ini hanya sekitar 300 meter saja dengan kondisi terhubung pada bagian dalamnya (goa horisontal). Goa jomblang memiliki karakteristik luas pada bagian mulut goanya yaitu dengan diameter sekitar 50 meter dengan sisi vertikal atau kedalaman sekitar 60- 80 meter. Suasana Goa Grubug ini menjadi agak serem karena suara gemuruh air yang mengalir di bagian bawah goa ini. 

Pemandangan dari atas goa terlihat cukup menarik karena di sana terlihat seperti hutan bawah tanah karena memang bagian bawah goa jomblang ini cukup luas dan mendapat sinar matahari yang cukup sehingga banyak di tumbuhi pepohonan layaknya hutan yang lebat. Dari atas terlihat bebatuan karst yang menarik.

Untuk menikmati potensi alam Goa Jomblang & Grubug, Anda harus menyiapkan mental dan tentu saja spiritual. Masuk di Goa ini, Anda harus turun sekitar 60-80 m terlebih dahulu, dan pada umumnya yang belum pernah masuk hanya bisa pasrah dan berdoa selama bergelantungan di tali..hehe. Bagi pecinta alam, persiapkan teknik SRT (Single Rope Technic). Bagi umum, ikuti saja segala panduan dari pemandu susur goa. Jangan lupa pakai helm yg kencang, karena mungkin pada waktu turun, Anda akan terbentur dengan tebing atau tersangkut di semak-semak yang tumbuh di sela-sela tebing.


Sesampainya di dasar, anda akan menelusuri goa horizontal sepanjang kurang lebih 500m menuju goa vertikal lainnya yaitu Goa Grubug. Hampir sampai di ujung lorong, Anda akan melihat keindahan cahaya yang luar biasa, yang temen-temen pecinta alam sering menyebutnya cahaya surga. Sinar matahari tersebut menyentuh sejumlah stalaktit dan stalagmit yang terbentuk oleh tetesan-tetesan air selama ribuan tahun. Dua buah stalagmit besar berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak di tengah dasar Gua Grubug. Untuk melihat keindahan cahaya ini anda  harus sudah mencapai dasar goa Grubug antara jam 10.00 sampai jam 13.00 WIB, tepat matahari di atas kepala kita. 

Selamat menikmati keindahannya..

Peta Lokasi Goa Jomblang & Grubug


Apabila Anda membutuhkan sebuah rental mobil atau rental motor atau paket wisata, Anda bisa menghubungi :

JOGJA EMPAT RODA
Jl. Palagan Tentara Pelajar Dus Waras No. 93c, Sleman, Yogyakarta
Telp. 0274 3042 220 / 0819 1555 0847 (WhatsApp) / 0812 2794 4404
PIN BB : 753697E3 / 28c3c58e
Email: jogja4roda@gmail.com / Twitter: @jogja4roda
Website : rentalmobiljogja.id / paketwisata.id / jogjaempatroda.com


About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com