0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

10 Tempat Wisata Minat Khusus di Jogja dan Sekitarnya

10 Tempat Wisata Minat Khusus di Jogja dan Sekitarnya - Mengunjungi Obyek wisata di Jogja memang tidak ada habisnya. Banyak sekali lokasi wisata yang bisa dieksploitasi di Jogja ini, mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata pendidikan, wisata religius, sampai wisata kuliner.


Pada artikel kali ini, Jogja Empat Roda mengumpulkan beberapa lokasi wisata minat khusus yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Berikut adalah 10 Tempat Wisata Minat Khusus di Jogja dan Sekitarnya
    10 Lokasi Menarik Untuk Wisata Minat Khusus di Jogja dan Sekitarnya
  1. Riverboarding di Sungai Pusur Klaten
    Riverboarding adalah olah raga air yang hanya menggunakan sebuah papan untuk berseluncur mengikuti arus air. Salah satu faktor tantangan dalam kegiatan yang juga dikenal dengan sebutan hydrospeed ini adalah kecepatan. Pada bagian arus yang sangat deras, kecepatan peselancar bisa melebihi 30 km per jam. Sama sekali tidak cepat jika dibandingkan kebut-kebutan dengan sepeda motor. Namun, tantangan lainnya adalah hubungan langsung antara pelaku dengan sungai. it’s just between you and the river, begitu semboyan para pecintanya. Bagi pecinta tantangan, wisata minat khusus ini pantas Anda coba.
     
  2. Rafting Sungai Elo Magelang
    Berwisata rafting merupakan wisata minat khusus yang tepat bagi Anda yang menyukai tantangan air. Rafting Sungai Elo memiliki tingkatan bahaya jeram yang rendah.  Jadi jangan khawatir karena ada guide yang mendampingi Anda saat melakukan kegiatan rafting. Lokasi sungai Elo terletak di Kabupaten Magelang yang beralamat lengkap di desa Pare, Blondo kelurahan Mungkid, jawa tengah. Sungai Elo sangat dekat dengan obyek wisata seperti Candi Mendut dan Candi Borobudur. Untuk jarak tempuhnya sekitar 45 menit dari kota Yogyakarta. Sungai elo mempunyai jarak 12 kilometer, dengan tembuh sekitar 2,5 jam sampai dengan 3 jam.
  3. Cave Tubing Gua Pindul
    Gua Pindul merupakan kawasan wisata yang menyajikan petualangan dengan memadukan aktivitas body rafting dan caving yang dikenal dengan istilah cave tubing. Di dalam gua, terdapat sungai yang cukup dalam, tapi tidak terlalu deras. Kita cukup duduk di atas ban dan pasrah untuk terbawa arus sungai yang tidak terlalu deras. Selama berada di dalam gua, banyak pemandangan yang sangat luar biasa, mulai dari skalaktit dan stalakmit, sampai dengan sarang burung walet. Wisata minat khusus yang asyik kan?
  4. Ramayana Ballet
    Ramayana Ballet adalah seni pertunjukan yang menyatukan kesenian Jawa berupa tari, drama dan musik dalam satu panggung dan satu momentum untuk menyuguhkan kisah Ramayana yang dirangkum dalam 4 babak: penculikan Sinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna atau Rahwana, dan pertemuan kembali Rama-Sinta. Ramayana Ballet dipertunjukkan di Prambanan dan Purawisata.
  5. Gua Jomblang
    Untuk menikmati potensi alam Goa Jomblang, Anda harus menyiapkan mental dan tentu saja spiritual. Masuk di Goa ini, Anda harus turun sekitar 60-80 m terlebih dahulu, dan pada umumnya yang belum pernah masuk hanya bisa pasrah dan berdoa selama bergelantungan di tali..hehe. Bagi pecinta alam, persiapkan teknik SRT (Single Rope Technic). Bagi umum, ikuti saja segala panduan dari pemandu susur goa. Jangan lupa pakai helm yg kencang, karena mungkin pada waktu turun, Anda akan terbentur dengan tebing atau tersangkut di semak-semak yang tumbuh di sela-sela tebing.
    Sumber: http://jogjaempatroda.blogspot.com/
  6. Karimunjawa
    Karimunjawa
    adalah sebuah Taman Nasional yang berbentuk pulau-pulau di Kabupaten Jepara. Menjelajah Eksotisme Alam Laut di Pulau Karimunjawa membutuhkan semangat dan stamina yang ekstra, karena Taman Nasional Karimunjawa terdiri dari gugusan 27 pulau.

  7. Kursus Membatik
    Membatik adalah salah satu wisata minat khusus yang paling membutuhkan kesabaran, ketekunan dan ketelitian jika dibandingkan dengan wisata minat khusus sebelum-sebelumnya. Ada beberapa tempat yang asyik untuk disinggahi saat Anda mau belajar membatik, seperti: Sanggar Kalpika, Balai Batik, Sanggar Batik Sekar Kedhaton, Museum Batik Yogyakarta. 
  8.  Merapi Trekking
    Gunung Merapi terletak pada ketinggian 2.968 m.dpl dan merupakan salah satu objek pendakian yang popular dibandingkan gunung sebelahnya yakni Gunung Merbabu. Jalur pendakian yang paling umum dan dekat adalah melalui sisi utara dari Sèlo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Desa ini terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jalur lainnya adalah melalui sisi barat laut, dimulai dari Sawangan, Kabupaten Magelang; melalui sisi tenggara, dan dari arah Deles, Kecamatan Kemalang, Klaten. Namun sejak letusan besar pada tahun 2010, kebanyakan jalur pendakian dialihkan melalui bukit Pronojiwo, Kaliurang, Yogyakarta. Keindahan alam Gunung Merapi tidak terbantahkan lagi sedangkan untuk misteri dan tragedinya bisa Anda buktikan sendiri.
  9. Road to Campus
    Wisata minat khusus yang ini memang berbeda dari yang lainnya. Dalam hati mungkin Anda akan bertanya ngapain libur ke kampus? Ups, jangan negative thinking dulu, wisata ini diperuntukkan bagi anak-anak SMA. Tujuannya supaya anak-anak SMA sudah bisa merencanakan masa depan pendidikan mereka nanti di perguruan tinggi. Dengan melihat kampusnya, jurusannya, perpustakaannya, unit kegiatan mahasiswa, dengan sendirinya akan melecut semangat belajar anak supaya bisa mampu masuk ke perguruan tinggi yang mereka idam-idamkan. Wisata ini sangat penting supaya anak-anak SMA yang terbilang masih labil akan lebih terfokus untuk menatap masa depannya.  
     
  10. Jelajah Museum Seni & Budaya
    Museum ini beda dengan yang sering Anda kunjungi, karena memiliki cita rasa yang tinggi. lokasinya, penataan barang peninggalannya dan tentu sejarahnya. Museum tersebut antara lain: Museum Ullen Sentalu, Museum Kereta Kencana, Museum Affandi dan Museum Sonobudoyo. Untuk museum-museum tersebut, tidak usah diulas panjang lebar, baca reviewnya di internet dan segera kunjungi. Jaminan Puas!! 
Untuk  mencoba 10 Tempat Wisata Minat Khusus di Jogja tersebut anda bisa menggunakan jasa rental mobil Jogja Empat Roda atau paket wisata nya di PaketWisata.id

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com