0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

Sebuah Harmoni Keindahan di Pantai Pok Tunggal

Beberapa waktu yang lalu, telepon kantor berdering. Ada seseorang yang menanyakan Pantai bernama Pok Tunggal di daerah Gunung Kidul dan meminta Jogja Empat Roda untuk membuat agenda perjalanannya. Karena Tim Jogja Empat Roda belum pernah ke Pantai Pok Tunggal, maka kami minta waktu untuk membuat agenda perjalanannya.

Segera kami browsing internet perihal Pantai Pok Tunggal. Ternyata pantai tersebut sudah lama ada namun tidak sepopuler pantai-pantai lainnya seperti Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup dan Pantai Indrayanti. Artikel yang ada di internet belum banyak, hanya tersedia 200rb-an artikel. Karena kami pun pernah ke Pantai Pok Tunggal, akhirnya Tim Jogja Empat Roda menuju Pantai Pok Tunggal untuk survey lokasi.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal memiliki arti, Pok yang berarti tunas dan Tunggal berarti sendirian itulah untuk menjelaskan pantai dengan satu tumbuhan yang ada di dekat pantai, padahal kalau dilihat di sekitarnya juga banyak tumbuhan.


Pesona Pantai Pok Tunggal menyuguhkan pemandangan yang sangat menawan. Hamparan pantai pasir putih, ombak biru, barisan tebing karang dan sebatang pohon Duras tumbuh rindang di bibir pantai dan menjadi ikon pantai Pok Tunggal ini. Pohon yang konon sulit tumbuh ini sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat. Ada larangan memanjat pohon duras tersebut, jadi kalau tidak ingin ditegur penduduk setempat, jangan sekali-kali memanjatnya.

Untuk pantai pasir putihnya tidak terlalu lembut namun sangat bersih, untuk ombaknya tidak terlalu deras seperti pantai parangtritis. namun barisan tebing karangnya itu sangat luar biasa, berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai Pok Tunggal dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing. Tentu saja butuh nyali dan keterampilan luar biasa untuk memanjat tebing ini karena hingga kini belum ada jalur pemanjatan.

Di tebing-tebing karang pantai Pok Tunggal masih terdapat primata liar dan di pohon-pohon menuju pantai ini ada hewan melata yang bergelantungan di Pohon. Pesona lainnya lagi yang aneh adalah di pantai Pok Tunggal terdapat mata air tawar, kemungkinan besar berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst. Sumber air itulah yang memenuhi kebutuhan warung-warung makan dan kamar mandi umum di Pantai Pok Tunggal.


Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal takkan lengkap bila tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala. Spotnya sangat bagus. Lebih asyik lagi bermalam di pinggir Pantai Pok Tunggal dengan menggunakan tenda dome. Bila tidak membawa tenda, kita bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat. Menikmati malam di Pok Tunggal dengan suara debur ombak, desiran angin, tambah oke lagi kalau sambil barbekyu dan main gitar. Kami rasa itu menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, apalagi menginapnya bersama sahabat atau keluarga.

Rute menuju ke Pantai-Pantai Gunung Kidul khususnya Pantai Pok Tunggal relatif mudah menggunakan kendaraan pribadi, karena belum ada transportasi umum yang menuju ke pantai-pantai tersebut. Pantai Pok tunggal ini lokasinya berada sekitar 2 km di utara Pantai Indrayanti. Berada di desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Nanti ada tulisannya kecil bertuliskan ” Pantai Pok Tunggal”. Ada papan petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal namun sedikit tersamarkan karena papannya berukuran kecil. Anda tinggal mengikuti petunjuk arah tersebut, ikuti jalan tanah sekitar 1 km maka Anda akan menemukan Pantai Pok Tunggal. Sedangkan untuk fasilitas umum seperti Warung-warung makan dan Kamar mandi untuk pengunjung juga sudah ada.

Peta Lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul Yogyakarta:



Mungkin itulah sekelumit informasi tentang daya tarik Pantai Pok Tunggal. Luangkan waktu dan sempatkan diri untuk menguak potensi syurga pariwisata ini, semoga menjadi ajang untuk memperluas dunia.

Apabila Anda ingin mengunjungi Pantai Pok Tunggal ini dan membutuhkan jasa transportasi, Anda bisa menghubungi jasa sewa mobil atau sewa motor di Jogja :

JOGJA EMPAT RODA
Jl. Palagan Tentara Pelajar Dus Waras No. 93c, Sleman, Yogyakarta
Telp. 0274 3042 220 / 0819 1555 0847 (WhatsApp) / 0812 2794 4404
PIN BB : 753697E3 / 28c3c58e
Email: jogja4roda@gmail.com / Twitter: @jogja4roda
Website : rentalmobiljogja.id / paketwisata.id / jogjaempatroda.com
- Selamat berwisata -

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com