Widgets

Menyusuri 30 Pantai Indah di Jogja


  • Pantai Baron
Pantai Baron sebenarnya merupakan sebuah teluk yang dikelilingi bukit-bukit karst. Di teluk ini terdapat pertemuan antara air laut dan air tawar yang berasal dari sungai bawah tanah, yang membentuk sebuah teluk. Disinilah para pengunjung melakukan aktivitasnya, seperti berenang atau sekedar bermain air, memancing, juga tubbing. Anda bisa menaiki bukit karang dan menikmati keindahan pantai Baron dari atas karang. Untuk dokumentasi bersama teman ataupun pasangan, inilah spot yg paling menarik di pantai baron.
 
  • Pantai Krakal, Paduan Pasir putih, Batu Karang, dan Ombak yang Mengagumkan
Pantai ini memberikan sajian panorama pantai yang indah dan pemandangan yang luar biasa. Pantai Krakal tergolong sebagai pantai yang landai. Pasir putihnya yang bersih juga menjadi daya tarik pantai ini. Belum lagi batu-batu karang yang eksotis, membuat pemandangan cantik Pantai Krakal makin lengkap.


  • Pantai Kukup, Pantai Dengan Keanekaragaman Biota Laut Dan Ikan Hiasnya
Pantai Kukup terletak sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai Baron tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantainya landai berpasir putih dan terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron, serta sebuah pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Pantai kukup ini kaya akan biota laut dan keanekaragaman ikan hias air laut.
 



  • Pantai Sundak, Kolaborasi Antara Pasir Putih Yang Landai Dan Air Laut Yang Jernih
Nama Sundak konon berasal dari Perkelahian Asu dan Landak. Berjalan menyusuri pantai menjadi kegiatan wajib di sini. Anda akan disuguhkan oleh bukit-bukit kapur yang eksotis dan sering digunakan sebagai lokasi pemotretan. Pantai Sundak juga memiliki gua dengan sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

  


  • Pantai Somandeng
Pantai ini terletak di Tepus, Gunung Kidul tepatnya diantara Pantai Sundak dan Pantai Indrayanti. Pantai Somandeng terkesan teduh karena sepanjang pantai ini ada pohon Cemara serta Gazebo yang berjajar dari satu ujung ke ujung yang lain. Di gazebo tersebut kita bisa duduk santai melihat deburan ombak serta menikmati hembusan angin yang sepoi sepoi.


 


  • Pantai Indrayanti, Panti Elok dengan Cottage, Restoran Cafe & Musik Jazz
Pantai Indrayanti berada di sebelah timur Pantai Sundak. Terdapat restoran yang berupa Gazebo yang menyediakan berbagai paket masakan laut untuk para pengunjung.Pantai Indrayanti juga memiliki fasilitas berupa penginapan dan jetski yang dapat digunakan untuk pengunjung.





  • Pantai Sadranan
Berdasarkan jalurnya, Pantai Sadranan berada di sebelah barat Pantai Ngandong dan sebelah timur Pantai Slili dan Pantai Krakal. Pantai Sadranan masih sangat alami, berpasir putih dengan hiasan sampah sampah organik berupa rumput laut yang terdampar di pantai dan dedaunan dari pohon pohon di pinggir pantai.

 


  • Pantai Slili
Pantai ini termasuk pantai yang kurang terkenal tapi memiliki keheningan dan keindahan yang mengagumkan. Pantai Slili sering disebut dengan Watu Lawang (pintu batu) karena disana ada pulau kecil yang dibawahnya terdapat lorong menyerupai pintu. Terkadang Pantai Slili juga menjadi tempat diadakan pesta laut Sadranan atau upacara Nyadran, yang diadakan setiap tahun sekali pada hari Minggu Pahing menjelang musim tanam.



  • Pantai Ngandong
Pantai ini terletak diantara Pantai Sadranan dan Pantai Sundak. Pantai ini tidak memiliki ombak yang ganas jadi cocok bagi wisatawan yang hendak berenang atau menimbun diri dalam pasir putih sambil menikmati deburan ombak kecil serta pemandangan pantai yang asyik. Selain itu di pantai Ngandong juga terdapat wisata yang lebih mengasyikkan dan menantang, yakni wisata bahari. Wisatawan bisa mencobai berlayar bersama nelayan dengan kapal. Mereka akan diajak menuju arah timur setelah berlayar dari Pantai Ngandong sekitar 15 menit. Di sana, terdapat umbul air, yakni air tawar yang keluar dari dasar laut. Air itu mumbul layaknya air sedang mendidih di tengah laut. Di sumber air itulah, penggemar ikan jiti bebas memancing sepuasnya.

  • Pantai Drini
Pantai Drini berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul yang berjarak sekitar 40 km dari Yogyakarta. Saat Pantai Drini surut Anda bisa menyeberang ke pulau karang tersebut dan mendaki pulau karang itu sampai puncak. Sesampainya di puncak pulau karang, Anda akan disuguhi suara debur ombak yang syahdu, semilir angin yang lembut, dan keindahan bukit-bukit di sekitar yang menjulang tinggi. Di saat surut juga, Anda bisa melihat hamparan karang yang lembut dan dihuni oleh berbagai biota laut. Dokumentasikan keindahan di sela-sela karang tersebut, begitu menawan dan harmonis.

  • Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta tepatnya kurang lebih dua kilometer dari Pantai Ngrenehan. Kalau air di Pantai Ngobaran surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.
Hal yang menarik lainnya adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan. Salah satunya adalah tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Ada juga sebuah Joglo untuk pengikut kejawen. Penasaran? Buktikanlah sendiri!! he2\

  • Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Di Pantai Ngrenehan, Anda dapat menyaksikan kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji ataupun membawa ikan segar dari para nelayan sebagai oleh-oleh.






  • Pantai Nguyahan
Pantai Nguyahan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Nguyahan adalah pantai yang kecil dengan panjang bibir pantai kurang lebih 100 meter yang diapit oleh dua buah bukit di kanan dan kirinya. Pemandangan di Pantai Nguayahan luar biasa indah. Berkunjung di Pantai Nguyahan seperti berkunjung di pantai milik pribadi, karena tempatnya yang masih alami dan sepi.




  • Pantai Sadeng
Pantai Sadeng terletak di Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Melihat dari historinya, dulu Pantai Sadeng adalah muara dari Bengawan Solo Purba. Dalam perjalanan menuju Pantai Sadeng, beberapa ratus meter jalur aliran Bengawan Solo Purba bisa dinikmati pemandangannya. Mengunjungi Sadeng bagaikan menyaksikan sebuah proses evolusi. Selama perjalanan, bisa dikenang evolusi dataran rendah jalur aliran Bengawan Solo Purba dari tempat mengalirnya air hingga menjadi ladang palawija yang produktif. Sementara, mengunjungi pantainya seolah mengenang pantai yang semula muara sungai menjadi daerah sepi dan akhirnya berkembang menjadi pelabuhan perikanan terbesar di Yogyakarta.

  • Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang terletak di sebelah timur Pantai Kukup tepatnya di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang, berpasir putih, dan ombak yang sedang. Anda tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir putih, berselancar, ataupun hanya melihat keindahan pantai. Semuanya ada di Pantai Sepanjang.




  • Pantai Siung, Surganya bagi Pecinta Olahraga Panjat Tebing
Pantai Siung terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Keunggulan Pantai Siung adalah banyaknya tebing karang yang  mengelilingi pantai tersebut. Adanya Pesona tebing karang di Pantai Siung inilah yang akhirnya dinobatkan sebagai kawasan wisata minat khusus panjat tebing, yang diidentifikasikan secara simbolik dengan rumah panggung bernama Pondok Pemanjat, tempat khusus bagi para pemanjat yang ingin menjajal kemampuannya di sini. Bahkan di tahun 2005, di pantai tersebut pernah diselenggarakan Asian Climbing Gathering, yang diikuti oleh 80 peserta dari 15 negara di Asia.

  • Pantai Wediombo, Menyuguhkan Sensasi Memancing dari Bukit Karang
Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Giri Subo, Gunung Kidul. Wediombo berasal dari bahasa jawa yang berarti pasir yang luas (wedi : pasir dan ombo : luas). Pantai ini memiliki pasir putih dan batu-batu karang yang terhampar dengan sangat indahnya. Pantai Wediombo berbatasan dengan bukit pegunungan karst. Pantai Wediombo merupakan bagian teluk yang menghadap ke barat sehingga dapat melihat matahari tenggelam (sunset) yang indah.



  • Pantai Ngungap, Sarang Burung Walet
Pantai Ngungap terletak sebelah barat Pantai Ngrenehan lebih kurang 1 km. Di pantai ini terdapat pula gardu pandang yang dibangun di atas bukit. Disamping pendopo terdapat sebuah pohon besar yang dikelilingi pagar tembok, dan sepertinya pohon yang dikeramatkan. Dari sini wisatawan bisa memandang indahnya laut lepas, sembari menikmati semilirnya angin laut. Pantai Ngungap ini hanya sebuah tebing diatas pantai. Di pantai ini juga merupakan tempat warga mencari sarang burung walet yang letaknya berada dibawah pendopo tadi.

  • Pantai Timang
Pantai Timang ini terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini adalah pantai yang paling jarang dikunjungi, karena jalan yang masih bebatuan dan tempatnya yang memang sangat terpencil. Penduduk lokalpun tidak mengetahui nama pantai timang ini. Namun inilah serunya berpetualang, setelah anda berhasil menemukan lokasi pantai ini, kelegaan dan ketakjuban akan anda rasakan.. segera coba!!



  • Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis terletak di kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis merupakan pantai yang landai, dengan bukit berbatu, pesisir dan berpasir putih serta pemandangan bukit kapur di sebelah utara pantai. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak pemda Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling terkenal di Yogyakarta, bukan saja karena keindahannya melainkan juga karena mistis dan sejarahnya.
Banyak warga Jogja dan sekitarnya percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan. Di pantai ini sering dijadikan tempat untuk bermeditasi dan salah satu tempat untuk melakukan upacara labuhan dari Kraton Yogyakarta.

  • Parangkusumo
Pantai Parangkusumo terletak 30 km dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Parangkusumo, Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Pantai ini dianggap sakral oleh penduduk setempat karena diyakini sebagai pintu gerbang masuk ke istana laut selatan. Di pantai parangkusumo terdapat Batu Cinta yang terletak di dalam Puri Cepuri, tempat Panembahan senopati bertemu dengan Ratu Kidul dan membuat perjanjian.



  • Pantai Depok
Pantai Depok terletak di Depok, Bantul, Yogyakarta, tepatnya di sebelah barat Pantai Parangtritis. Pantai Depok ini terkenal dengan wisata kuliner sea food-nya yang menyajikan hidangan ikan segar dan sejumlah hasil tangkapan laut lainnya. Tak jauh dari pantai Depok, anda bisa menikmati gumuk pasir yang merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.




  • Pantai Samas
Pantai Samas terletak di Desa Srigading, Sanden, Bantul. Pantai Samas berbatasan dengan Pantai Patehan di barat dan Pantai Parangtritis di timur. Di pantai Samas ini, sering diadakan ritual keagamaan oleh masyarakat Yogyakarta seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut. Pantai Samas terkenal dengan ombaknya yang besar, delta-delta sungai, danau air tawar yang membentuk telaga, berpasir putih, angin lautnya yang kencang dan bibir pantai yang curam serta. Pantai Samas ini juga digunakan sebagai lokasi konservasi penyu, seperti penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang dan penyu blimbing.

  • Pantai Kuwaru
Pantai Kuwaru terletak di wilayah dusun Kuwaru Desa Poncosari Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Pantai Kuwaru ini bersebelahan dengan pantai Pandansimo. Pantai Kuwaru setipe dengan Pantai Gua Cemara, yakni hembusan angin yang kencang serta pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pantai. Di Pantai Kuwaru ini Anda bisa menelusurinya dengan menggunakan ATV yang bisa Anda sewa dengan harga yang murah. Jika Anda datang bersama keluarga, Anda tidak perlu khawatir karena aneka permainan dan kolam renang sudah tersedia di sela-sela rimbunnya Cemara Udang.

  • Pantai Pandansimo
Pantai Pandansimo terletak di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Pandansimo sendiri berasal dari kata "pandan" (pohon pandan) dan "simo" (macan). Letak Pantai Pandansimo bersebelahan dengan Muara Sungai Progo, dan merupakan pantai paling barat dari deretan Pantai Selatan yang masuk di wilayah Kabupaten Bantul. Selain panorama yang indah, di pantai ini juga terdapat objek wisata ziarah seperti Pandanpayung dan Pandansari. Pada masa Raja Hamengkubuwono VIII pantai Pandansimo ini diresmikan dan dijadikan sebagai tempat tirakatan, sekaligus sebagai kampung nelayan.

  • Pantai Patehan/Pandansari
Pantai Patehan disebut juga dengan Pantai Pandansari. Pantai Pandansari ini masuk dalam wilayah Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta dan terletak di antara Pantai Samas dan Pantai Pandansimo. Sunset di Pantai Pandansari, tak kalah menariknya di bandingkan dengan pantai lainnya. Pantai ini terdapat mercusuar setinggi 7 lantai yang dibangun tidak jauh dari bibir pantai. Hal yang menarik di pantai ini adalah memancing di pinggir pantai, menaiki mercusuar sambil melihat panorama dari atas mercusuar. 

  •  Pantai Gua Cemara
Pantai Gua Cemara yang berlokasi di Dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta.  Disebut Goa Cemara karena di sepanjang pantai ditumbuhi rerimbunan pohon cemara udang yang membentuk lorong di tengah-tengahnya mirip seperti goa. Di sepanjang kawasan Goa Cemara Anda bisa bersantai untuk melepaskan kepenatan kerja dan rutinitas di rumah. Menggelar tikar di bawah pohon cemara, bersantai sambil baca buku atau bercengkrama bersama keluarga, ditemani kelapa muda, suara-suara debur ombak dan angin laut akan membuat acara bersantai kita menjadi sangat sempurna. Cobalah!!

  • Pantai Trisik
Pantai Trisik terletak di wilayah Brosot, Kulon Progo, Yogyakarta tepatnya di sebelah timur Pantai Glagah. Pantai Trisik ini telah menjadi pusat penghidupan masyarakat setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Tempat pelelangan ikan adalah salah satu tempat yang akan dijumpai ketika memasuki wilayah pantai ini. Di waktu-waktu tertentu, Anda bisa menyaksikan beragam jenis  burung migran di atas langit Pantai Trisik ini.




  • Pantai Glagah
Pantai Glagah terletak di Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai Glagah ini menawarkan wisata yang lengkap, mulai dari keindahan pantai, pemandangan laguna, agrowisata pantai, memancing, kuliner sampai fasilitas biking dan motorcross.





  • Pantai Congot
Pantai Congot terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Pantai Congot merupakan pusat kegiatan warga sekitar yang sebagian besar menggantungkan hidup dengan menjadi nelayan. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Congot, Anda akan disuguhi hamparan sawah hijau yang luas beserta deretan pohon kelapa yang menjulang. Bila Anda hobi mancing, anda bisa memuaskannya di pantai ini.





Masih ada satu pantai lagi yang bernama pantai Bugel, namun informasi yang kami dapat sangat terbatas.
Mungkin lain kesempatan akan saya tambahkan. 

Selamat Berlibur!!!

Related Posts :