0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

Wisata Candi Mendut di Magelang, Napak Tilas Budaya Masa Lampau

Wisata Candi Mendut di Magelang, Napak Tilas Budaya Masa Lampau. Magelang memiliki beberapa candi yang merupakan peninggalan dari sejarah sebagai bukti kejayaan masa lalu yang tersebar di berbagai pelosok nusantara termasuk di kota Magelang. Candi Mendut merupakan candi yang didirikan oleh Raja Indra Bukit pada masa Dinasti Syailendra. Sebagaimana bentuk candi pada umumnya, Candi mendut ini memiliki bentuk segi empat yang dilengkapi dengan beberapa hiasan berupa stupa kecil.

Bagian dalam Candi Mendut

Jika dilihat dari jarah jauh, Candi Mendut ini terlihat begitu indah dan mempesona. Jika anda berjalan mengitari candi tersebut maka anda akan menjumpai beberapa panel relief tentang fabel (cerita binatang) misalnya kisah burung dan kura-kura, brahmana dan kepiting, dan cerita kera dan burung manyar. Dari beberapa relief itu sengaja diperuntukkan bagi anak-anak sebagai media yang dapat memberikan pesan moral sehingga bukan hanya berwisata saja yang akan kita dapata namun kita juga akan mendapatkan berbagai pengalaman yang berharga.

Ketika anda naik dan masuk kebadan candi, maka anda akan menjumpai sejumlah relief Bodhisattva yang memiliki beragam sikap tangan dan pada saat itu pula anda akan mencium aroma wangi yang keluar dari 3 arca setinggi 3 meter. Arca-arca ini memiliki ukuran yang cukup besar diantaranya yaitu Arca Dyani Buddha Cakyamuni (Vairocana), arca Bodhisatva Vajrapani dan arca Budha Avalokitesvara (Lokesvara).

Berada tak jauh dari candi mendut terdapat sebuah bangunan Buddhist Monastery yang merupakan tempat umum dimana pada tempat tersebut terdapat berbagai hiasan bunga teratai yang sangat indah.

Sumber Foto : IG @avifpribadi
 
Ritual Chanting di Candi Mendut
Di Candi Mendut sering diadakan ritual-ritual salah satunya adalah ritual Canthing atau semacam meditasi dimana ritual tersebut dilakukan dengan cara mendengarkan alunan musik dan nyanyian tertentu. Ritual ini seringkali dilakukan bagi mereka yang menganut agama Budha dan bagi para wisatawan yang datang juga diperkenankan untuk mengikuti ritual tersebut.

Rute Perjalanan Menuju Candi Mendut
Jika anda datang dari arah Yogyakarta, maka anda haru menempuh jalan Jogja-Magelang. Setianya didaerah Mungkid terdapat pertigaan lampu merah maka anda akan menjumpai papan nama menuju Candi Borobudur. Ikuti arah petunjuk tersebut kemudian belok kiri dan hingga akhirnya anda menemukan Candi Mendut pada sisi kanan jalan. Apabila Anda menginginkan berlibur ke Candi Mendut, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja ini atau paket wisata Jogja yang terpercaya.

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847

0 comments:

Posting Komentar


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com