0819 1555 0847
0812 2794 4404

Buka Praktek
06.30 - 22.00

(Spesialis Sewa Mobil Jogja)

Menguak Mitos Goa Kiskendo

Goa Kiskendo yang menjadi salah satu pesona dari Pegunungan Menoreh yang terletak 1200 m dpl dan berhawa segar. Goa Kiskendo berjarak 35 km arah barat laut Yogyakarta atau sekitar 21 km dari kota Wates. Tepatnya berlokasi di desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Akses menuju tempat ini bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan roda empat berukuran kecil.


relief goa kiskendo
Goa Kiskendo
Sumber Foto : http://www.loveheaven07.com


Di dalam goa Kiskendo terdapat 15 ruangan yang masing-masing memiliki nama dan memiliki cerita yang menarik. Contohnya, ada satu ruangan yang bernama Lidah Mahesosuro. Di ruangan ini terdapat batu yang bentuknya seperti mempunyai lidah. Konon, lidah di batu ini adalah lidah Raja Mahesosuro yang dipotong oleh Subali supaya Raja tersebut tidak dapat hidup lagi. Contoh lain adalah ruangan bernama Lumbung Kampek, yang konon dulunya merupakan tempat untuk menyimpan barang-barang berharga milik Kerajaan Gua Kiskendo.


Goa Kiskendo ini merupakan goa yang disakralkan, mungkin karena sering dipakai untuk ritual seperti pertapaan atau bisa juga karena banyak mitos yang tumbuh di masyakarta. Di dekat Goa kiskendo terdapat relief cerita wayang dan juga goa lainnya yang bernama Goa Sumitro dan Watu Blencong.

Mitos yang berkembang di masyarakat tentang goa Kiskendo ini adalah tempat tinggal Raksasa Mahesasura yang berkepala kerbau dan Lembusura yang berkepala sapi. Dalam kisah pewayangan, di tempat ini terjadi pertempuran antara Subali Sugriwa dengan Mahesasura dan patih Lembusura yang menghuni goa ini.Di samping itu keadaan-keadaan geologis dari goa-goa yang ada di daerah berbatu kapur,Di dalam goa Kiskendo ini terdapat banyak stalaktit dan stalagmit yang aneh namun indah bentuknya.Di dalam goa ini mengalir sungai di bawah tanah yang dalam cerita pewayangan, dan dalam pertempuran antara Subali - Sugriwa dan Mahesasura - Lembusura, mengalirkan air berwarna merah dan putih. 

Peta Lokasi Goa Kiskendo


Apabila Anda membutuhkan sebuah rental mobil atau rental motor atau paket wisata, Anda bisa menghubungi :

JOGJA EMPAT RODA
Jl. Palagan Tentara Pelajar Dus Waras No. 93c, Sleman, Yogyakarta
Telp. 0274 3042 220 / 0819 1555 0847 (WhatsApp) / 0812 2794 4404
PIN BB : 753697E3 / 28c3c58e
Email: jogja4roda@gmail.com / Twitter: @jogja4roda
Website : rentalmobiljogja.id / paketwisata.id / jogjaempatroda.com

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847

0 comments:

Posting Komentar


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com