0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

Inilah Masjid Tertua di Yogyakarta, Masjid Agung Mataram Kotagede

Kotagede adalah sebuah kota tua di Yogyakarta yang menyimpan sejarah masa lalu yang tak ternilai bagi Kerajaan Mataram Islam di tanah Jawa. Di Kotagede ini menjadi bukti nyata akan berdirinya sebuah kerajaan Islam terbesar di Nusantara yang kemudian terpecah menjadi Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta.


Masjid-Agung-Mataram-Kotagede
Masjid Agung Mataram Kotagede

Kejayaan Kerajaan Mataram Islam tersebut masih bisa dilihat sampai saat ini, salah satunya adalah Masjid Agung Mataram Kotagede yang terletak di Jl. Watu Gilang, Kotagede, Yogyakarta, Indonesia. Masjid Agung Mataram Kotagede dibangun pada tahun 1587 masehi oleh Panembahan Senopati Sutowijaya. 


Dalam pembagunan Masjid ini, kayu yang digunakan adalah kayu jati pilihan yang berasal dari Cepu dan Blora,  makanya kayu-kayu tersebut bisa bertahan hingga saat ini. Masjid Agung Mataram Kotagede memiliki atap tumpuk dua dengan mustoko berbentuk gada dan ditopang dengan empat tiang yang melambangkan rukun Islam. Gada tersebut melambangkan syahadat dan keempat tiang melambangkan salat, puasa, zakat, dan haji.

Bangunan inti masjid ini merupakan bangunan Jawa berbentuk limasan. Di bagian dalam ada sebuah mimbar untuk khotbah yang terbuat dari kayu yang diukir. Mimbar ini merupakan hadiah Sultan Palembang terhadap Sultan Agung. Pada bagian luar inti masjid terdapat bedug tua yang bersebelahan dengan kentongan. Bedug yang usianya tak kalah tua dengan masjidnya itu merupakan hadiah dari seseorang bernama Nyai Pringgit yang berasal dari desa Dondong, wilayah di Kabupaten Kulon Progo.

Rute menuju Masjid Agung Mataram Kotagede:

Masjid Agung Mataram Kotagede bisa ditemukan dengan menyusuri jalan di sebelah barat pasar Kotagede, lalu ikuti Jalan Watu Gilang ke arah selatan hingga menemukan papan nama Masjid Agung Mataram Kotagede dan Makam Raja Mataram Kotagede.

Apabila Anda ingin mengunjungi Sleman Night Spektakuler atau Sindu Kusuma Edupark ini dan membutuhkan jasa transportasi, Anda bisa menghubungi jasa sewa mobil atau sewa motor di Jogja :

JOGJA EMPAT RODA
Jl. Palagan Tentara Pelajar Dus Waras No. 93c, Sleman, Yogyakarta
Telp. 0274 3042 220 / 0819 1555 0847 (WhatsApp) / 0812 2794 4404
PIN BB : 753697E3 / 28c3c58e
Email: jogja4roda@gmail.com / Twitter: @jogja4roda
Website : rentalmobiljogja.id / paketwisata.id jogjaempatroda.com

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847

0 comments:

Posting Komentar


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com