0819 1555 0847
0812 2794 4404

Buka Praktek
06.30 - 22.00

(Spesialis Sewa Mobil Jogja)

Bermain Yuk ke Museum Anak Kolong Tangga

Museum Kolong Tangga berada di bawah hall Theater Taman Budaya Yogyakarta, Jl. Sriwedani No.1 Yogyakarta. Koleksi museum ini meliputi mainan dan permainan tradisional anak Indonesia, dan setiap tahun akan selalu bertambah. 

 

Museum Anak Kolong Tangga

Museum ini bertekad menjadi museum yang dapat memberi inspirasi bagi kreativitas anak. Mengajarkan keindahan serta nilai obyek buatan tangan, menanamkan kepada anak kesadaran akan kelestarian lingkungan dengan penggunaan bahan-bahan alami. Fasilitas pendukung berupa perpustakaan Burung Biru dapat dimanfaatkan anak-anak untuk membaca buku, mendengarkan dongeng, menonton film anak, membuat topeng, dan lain sebagainya.  Perpustakaan Burung Biru ini setiap dua kali seminggu pada sore hari semua anak bisa datang untuk membaca buku, mendengarkan dongeng ataupun menyaksikan sejumlah film anak.

Yang di pamerkan di dalam museum mainan anak ini, hampir 90% adalah mainan-mainan tradisional tempo dulu, tetapi ada juga beberapa mainan jaman sekarang dan koleksi mainan dari manca negara, namun sebatas sebagai bahan referensi atau perbandingan saja, dan jumlahnya hanya beberapa.


Selain mainan dan permainan tempo dulu, di Museum Anak Kolong Tangga juga ditampilkan beberapa koleksi vintage seperti buku-buku cerita lama, komik, poster, photo-photo serta umbulan cetakan lama. Kedua hal tersebut merupakan inti dari isi Museum Anak Kolong tangga, yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia anak tempo dulu.

Catatan:
Bila kita datang dalam rombongan (minimal 15 orang) kita bisa meminta untuk diadakan workshop permainan tradisional. Namun bila kita tidak datang dalam rombongan (perorangan/keluarga), kita juga bisa membeli beberapa mainan tradisional yang dijual dengan harga terjangkau untuk dimainkan langsung di halaman Museum Anak Kolong Tangga.

Lokasi Museum Anak Kolong Tangga:

  • Tak jauh Taman Pintar (Jl.Senopati)
  • Lokasinya di sebelah barat Toko Progo, di sebelah timur Benteng Vredeburg, di sebelah Utara Taman Pintar Jogja
  • Naik Bis kota Jalur 4, Jalur 9, Jalur 16, turun di Taman Pintar
  • Trans Jogja turun di Halte Kantor Pos Besar (Jl.Senopati)


Telepon yang bisa diakses:
Sekretariat Yayasan Anak Dunia Damai dan Rumah Baca Burung Biru 0274-413528, alamat email: untuk_semua_anak@yahoo.com. Museum dibuka hari Selasa-Jumat pk. 09-13.00 dan Sabtu-Minggu Pk 09.00-16.00.

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847

0 comments:

Posting Komentar


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com