0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

Angkringan Jogja, Solusi Makan Enak dan Murah

Siapa yang tak kenal dengan angkringan? Salah satu icon yang ada di Jogja ini memang terkenal sebagai tempat makan yang sangat merakyat karena harga makanan yang murah meriah dan cukup banyak varian makanannya. Sego kucing, sebagai salah satu makanan khas di warung angkringan, sate usus, beraneka gorengan dan juga wedang (minuman) baik yang hangat maupun yang dingin lengkap tersedia di angkringan ini.


Angkringan JAC
Koleksi Foto : JogjaEmpatRoda
Warung angkringan biasanya terdapat di pinggir-pinggir jalan dengan ciri khas warung tenda dan juga gerobak yang terbuat dari kayu. Memang tak lengkap rasanya jika liburan ke Jogja tapi tidak mampir dan mencicipi makanan di angkringan-angkringan berikut ini:

1. Angkringan Lek Man
Angkringan Tugu Lek Man namanya telah melegenda di Jogja. Angkringan Lik Man termasuk pelopor angkringan di wilayah kota Jogja. Angkringan yang terletak diutara Stasiun Tugu Jogja ini sangat terkenal dengan Kopi Joss nya yang dahsyat. Kopi Joss adalah kopi panas yang diberi arang panas. Kata joss itu berasal dari suara arang panas membara yang bertemu dengan kopi yang juga sama panasnya. Angkringan ini berjualan sejak tahun 1950-an dan diwariskan ke Lik Man tahun 1969 kemudian seiring perkembangannya muncullah angkringan-angkringan lain di kawasan ini.

2. Angkringan Satari
Angkringan Satari adalah angkringan milik Pak Satari Abdullah, lokasi ini berada di komplek pertokoan Medari Sleman Jalan Magelang. Angkringan ini terkenal dengan variasi nasi bungkus dan camilan-camilannya. Angkringan ini sudah gak make gerobak angkring kayak umumnya, karna udah bertranformasi ke angkringan dengan berkonsep warung makan.

3. Angkringan JAC
Angkringan JAC awalnya hanya digunakan untuk tempat berkumpul anggota JAC (Jogja Automotive Community). Seiring perkembangan, ragam komunitas seperti seniman dan onthel pun memakainya dan berkembang menjadi komunitas lebih besar. Angkringan JAC bertempat di nDalem Pakuningratan yang terletak di dekat Tamansari, Yogyakarta. NDalem Pakuningratan dibangun pada tahun 1877 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Angkringan JAC menyajikan aneka ragam hidangan, seperti nasi kucing sambal teri dan oseng tempe, ceker dan kepala ayam, dan aneka gorengan. Minuman khas macam wedang jahe dan tape juga ada. Untuk menu utama, ada nasi pecel, sayur brongkos, dan bakmi jawa. Sementara, untuk lauk, ada sate sosis, rolade, dan garang asem. Ada pula jajanan, mulai dari klepon, risoles, pastel, dan moto kebo.

4. Angkringan Wijilan
Angkringan wijilan, berada di daerah wijilan (sentra gudeg). Buka pada malam hari. Saat mengunjungi tempat ini, kita akan berhadapan dengan dua meja yang dipenuhi aneka lauk-pauk, seperti aneka gorengan (tahu, tempe, bakwan), aneka sate (keong, telur puyuh, usus, gajih), dan aneka gorengan ala supermarket (tempura, nugget) mereka sediakan. Untuk makan besarnya, mereka menyediakan aneka lauk seperti ayam goreng, telur (dadar ataupun ceplok), oseng-oseng usus, terong balado, pecel, dan banyak lagi. Dan semuanya hanya diberi harga antara Rp. 2000 – Rp. 5000 saja. Hal lain yang menurut penulis unik adalah teh gula batu dan penyajiannya. Jika Anda memesan teh gula batu, maka Anda akan mendapatkan satu cangkir kosong berisi gula batu, satu cangkir berisi rendaman daun teh di dalam air panas, dan satu penyaring teh.

5. Angkringan Pak Panut Klebengan
Terletak tepat di utara Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan UGM, pas di depan lapangan klebengan. Biasa buka dari jam set 6 sore sampai habis, biasa jam 10an dah habis. Disini murah banget. Penulis waktu kuliah sering makan malam di tempat ini, kesannya enak dan murah, tapi kondisi warungnya seadanya.

6. Angkringan "Lek Adi, Nganggo Suwe"
Variasi lauknya beragam. Dan, selain menyediakan nasi kucing seperti layaknya angkringan yang lain, ada satu menu spesial yang jadi andalan yakni nasi bakar. Lokasinya ada di Jl. Pramuka, Yogyakarta (Kotagede).

7. Angkringan KR (Pak Jabrik)
Lokasi ini tidak jauh dari Angkringan Tugu, yaitu di Jalan Mangkubumi, anda tinggal jalan aja sekitar 500 m ke arah utara. Angkringan ini dinamakan Angkringan KR karena lokasinya di Depan Kantor Surat Kabar Kedaulatan Rakyat ato yang disingkat KR. Disini biasanya yang nongkrong adalah kawula muda dari berbagai Komunitas, Angkringan ini menawarkan variasai nasi bungkus yang sangat banyak dari nasi kucing teri, oseng jamur, rica-rica dll nya emang sangat menarik untuk dicoba.

8. Angkringan Pakualaman
Angkringan Pakualaman terletak di area Pakualaman atau halaman depan Keraton Puro Pakualaman. Angkringan ini mungkin bisa dikatangan sebagai foodcourt karena banyak penjual. Menu makanan yang disajikan sama seperti angkringan pada umumnya yakni wedang jahe, sego kucing dan cekar ayam. Mungkin yang membedakan dengan angkringan lainnya adalah tersedianya menu roti bakar dan dadar gulung. Nuansa halaman Keraton Puro Pakualaman yang rindang di bawah lebatnya pohon beringin membuat suasana semakin nyaman. Selain itu di Angkringan Pakualaman sering ada pengamen yang berkeliling dan menyanyikan lagu-lagu asik sebagai hiburan. 



Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat-tempat tersebut, Anda bisa menghubungi jasa sewa mobil dan sewa motor di Jogja :

JOGJA EMPAT RODA
Jl. Palagan Tentara Pelajar Dus Waras No. 93c, Sleman, Yogyakarta
Telp. 0274 3042 220 / 0819 1555 0847 (WhatsApp) / 0812 2794 4404
PIN BB : 753697E3 / 28c3c58e
Email: jogja4roda@gmail.com / Twitter: @jogja4roda
Website : rentalmobiljogja.id / paketwisata.id / jogjaempatroda.com
 

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847

0 comments:

Posting Komentar


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com