0819 1555 0847
0812 2794 4404

Buka Praktek
06.30 - 22.00

(Spesialis Sewa Mobil Jogja)

Museum Affandi, Ada Cerita Luar Biasa di Setiap Karyanya

Museum Affandi adalah sebuah museum yang berisi karya-karya lukisan sang maestro bernama Affandi, ada sekitar 300 lukisan dipajang di museum tersebut. 

Museum Affandi
Sumber Foto: http://instagram.com/p/omfMc2n9IQ/#

Selain itu juga ada beberapa lukisan dari pelukis hebat Indonesia lainnya. Museum Affandi terletak di  Jl. Laksda Adisucipto Nomor 167 Yogyakarta atau di pinggir sungai Gajah Wong. Museum ini menempati lahan seluas 3.500 m2, terdiri atas empat galeri beserta bangunan pelengkap seperti tempat pembelian tiket, dua studio, dan bangunan rumah tempat tinggal Affandi dan keluarganya. Pembangunannya dilakukan secara bertahap serta dirancang sendiri oleh Affandi. Isi dan penataannya memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda. Rumah Affandi ini mempunyai atap berbentuk daun pisang, dan terdiri dari dua lantai dengan lantai bawah untuk ruang tamu dan garasi sedangkan lantai atas yang sebagai kamar pribadi Affandi. Sekarang rumah ini berfungsi menjadi CafĂ© Loteng yang dapat dikunjungi pengunjung.


Empat Galeri tersebut antara lain:
- Galeri I
Galeri 1 berisi karya-karya yang disajikan mulai dari awal hingga akhir karirnya. Pada galeri 1 terdapat beberapa benda yang berhubungan dengan perjalanan hidup Affandi seperti sepeda ontel, mobil sedan kuno, sandal jepit, kuas, ember, kain, sarung bermotif kotak-kotak, kliping berita koran, dan foto-foto kenangan Affandi, bahkan pipa cangklong kesayangannya. Selain itu, beberapa piagam penghargaan yang pernah diterima Affandi semasa hidupnya dan koleksi perangko PT. POS Indonesia seri gambar Affandi tahun 1997 juga turut dipamerkan.

- Galeri 2
Galeri ini sebenarnya dikhususkan untuk memamerkan lukisan-lukisan karya Kartika Affandi. Namun, dalam perkembangannya, galeri ini pun digunakan sebagai ruang pamer koleksi lukisan museum dari beberapa pelukis kondang, seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Hendra, Rusli, Fajar Sidik, S. Sujoyono, Barli, Wahdi S, Bagong Kusudiarjo, Mochtar Apin, dan pelukis lainnya. Galeri ini mempunyai 2 lantai. Lantai pertama berisi lukisan-lukisan bersifat abstrak, sedangkan lantai kedua didominasi lukisan bercorak realis.

- Galeri 3
Lantai pertama Galeri 3 ini dipergunakan sebagai ruang pamer karya lukis keluarganya, seperti lukisan-lukisan terbaru karya Kartika Affandi, putri Affandi. Dipamerkan pula lukisan Rukmini Yusuf dan Juki Affandi, dan lukisan sulaman dari kain wol karya Maryati, istri Affandi. Lantai kedua galeri ini digunakan sebagai ruang perawatan lukisan, sedangkan di lantai dasar difungsikan untuk ruang penyimpanan koleksi.

- Galeri 4
Galeri IV ini adalah ruang pamer berbagai lukisan karya Didit, cucu Affandi. Galeri ini terlihat menarik dengan langit-langitnya yang terbuat dari anyaman bambu.

Anda bisa mengunjungi Museum Affandi pada hari Senin - Sabtu pukul 09.00 - 16.00 WIB (bulan puasa hanya sampai jam 15.00 ), Hari Minggu dan hari libur Nasional lainnya Museum Affandi hanya buka dengan permintaan khusus. Sedangkan untuk tiket masuk Wisatawan Asing Rp 50.000 (Free Softdrink dan Souvenir) dan Domestik Rp 20.000,-  (free softdrink).

Obyek wisata lainnya yang jaraknya tidak jauh dari Museum Affandi antara lain: Museum Dirgantara, Keraton Jogja, Taman Sari, Malioboro, Taman Pintar, Purawisata, Monumen Jogja Kembali, Museum Sonobudoyo.

Kunjungi: 
Sewa/Rental Mobil Lepas Kunci/Tanpa Sopir Murah di Jogja
Sewa/Rental Mobil Dengan Sopir di Jogja
Sewa/Rental Motor di Jogja

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847

0 comments:

Posting Komentar


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com