0274-3042220
0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Buka Praktek
06.00 - 21.00

(Spesialis Sewa Mobil dan Motor)

Menengok Pesona Tebing Karang di Pantai Siung

Pantai Siung merupakan salah satu deretan pantai pasir putih yang ada di Gunung Kidul. Pantai Siung terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Perjalanan menuju Pantai Siung memakan waktu kurang lebih 90 menit dari arah Wonosari. Pantai Siung ini dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi yang cocok digunakan untuk kegiatan panjat tebing. Tebing karangnya memiliki 250 jalur pemanjatan. 

 

Pantai Siung | Sumber foto : novenesia.blogspot.com

Pantai siung memiliki suasana alami yang masih terasa kental. Pepohonan jati di sepanjang jalan, akan menggiring pada pantai yang dari informasi juga terdapat beberapa kera ekor panjang tersebut. Bagi penggiat alam maupun pecinta panjat tebing, Pantai Siung adalah surganya. Kemarin pada tanggal 20-21 Oktober 2012 diadakan “Indonesia Climdrenaline 2012”, yang ditargetkan lebih dari 100 pemanjat datang dari luar gunung kidul. Salah satu teman saya dari Bima NTB menyempatkan untuk datang melihat acara panjat tebing tersebut. Tentu saja acara tersebut sangat positif dan mampu mendongkrak potensi wisata pantai di Gunung Kidul.

Sejarah awal pantai siung bernama suing, yaitu Siung Wonoro yang berarti ‘taring kera’. Agar bisa melihat keluarga kera ini kita harus masuk agak ke dalam komplek tebing. Menurut cerita warga lokal, kumpulan kera biasa terlihaat di Blok F. Wilayah Siung pada masa para wali menjadi salah satu pusat perdagangan di wilayah Gunung Kidul. Tak jauh dari pantai, tepatnya di wilayah Winangun, berdiri sebuah pasar. Di tempat ini pula, berdiam Nyai Kami dan Nyai Podi, istri abdi dalem Kraton Yogyakarta dan Surakarta.

Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan sederhana dengan menu beragam dan tempat untuk menginap. Salah satu warung yang menyediakan jasa ini ialah kedai ‘Moro Seneng’ milik Ibu Wati. Selain tempat makan dan menginap, kedai ini juga menyediakan jasa parkir, tempat charger listrik, serta penitipan barang. Pantai-pantai sekitar Siung yang menarik antara lain: Pantai Timang, Pantai Jogan, dan Pantai Nglambor. Pesan saya selalu hati-hati karena lokasinya hanya bisa ditembus dengan mode transportasi sepeda motor. Jalan berbatu dan licin menjadi tantangan yang menegangkan sebelum mendapatkan panorama di tiga pantai tersebut.

Peta lokasi Pantai Siung, Gunungkidul, Yogyakarta :



Apabila Anda ingin mengunjungi Pantai Siung ini dan membutuhkan jasa transportasi, Anda bisa menghubungi jasa sewa mobil atau sewa motor di Jogja :

JOGJA EMPAT RODA
Jl. Palagan Tentara Pelajar Dus Waras No. 93c, Sleman, Yogyakarta
Telp. 0274 3042 220 / 0819 1555 0847 (WhatsApp) / 0812 2794 4404
PIN BB : 753697E3 / 28c3c58e
Email: jogja4roda@gmail.com / Twitter: @jogja4roda
Website : rentalmobiljogja.id / paketwisata.id / jogjaempatroda.com

About the Author

Jogja Empat Roda

Author

JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan sewa/rental mobil Jogja murah yang berizin resmi. Kami melayani jasa rental mobil Jogja lepas kunci, dengan sopir atau all in. Telp/SMS/WA: 0819 1555 0847


 

Copyright © Rental Mobil Jogja JOGJA EMPAT RODA. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com